Blogger Widgets

Minggu, 30 November 2014

Komponen Evaluasi Hidrolisis Garam

Tujuan yang akan dicapai :
Kompetensi Inti  1        :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar        :
1.1       Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,    kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan   tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator :
1.  Siswa mampu menyadari adanya keteraturan hidrolisis garam didalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2.  Siswa dapat memahami pentingnya hidrolisis garam yang digunakan dalam berbagai bidang sebagai wujud kebesaran Tuhan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Kompetensi Inti 2 :      
            Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

            Kompetensi Dasar :
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif,    terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,   kritis, kreatif, inovatif, demokratis,         komunikatif) dalam merancang dan melakukan  percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam       sikap sehari-hari.

2.2         Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3         Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud      kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Indikator :
1.      Siswa dapat menunjukan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana dalam memecahkan masalah hidrolisis garam pada kehidupan sehari- hari.
2.      Siswa dapat berfikir kreatif dan inovatif dalam mengaplikasikan sifat hidrolisis garam agar perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju dan dapat digunakan dalam mendukung kemajuan bidang ilmu lainnya.

Kompetensi Inti 3 :
            Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

            Kompetensi Dasar :
3.12     Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.

Indikator :
1.      Siswa mampu menjelaskan dan menyebutkan reaksi kimia garam- garam yang terhidrolisis.
2.      Siswa mampu menganalisis rumus kimia garam- garam
3.      Siswa mampu  memprediksi sifat dari garam- garam
4.      Siswa dapat menentukan tetapan hidrolisis (Kh)  larutan garam yang terhidrolisis melalui
5.      Siswa dapat menentukan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan.
6.      Siswa dapat menentukan hal yang berkaitan dengan garam hidrolisis dari pH garam yang sudah diketahui

Kompetensi Inti 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi dasar :
4.12     Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk       menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis
Indikator :
1.      Siswa mampu merancang percobaan untuk menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis
2.      Siswa mampu melakukan percobaan identifikasi garam
3.      Siswa dapat mengamati dan mencatat hasil percobaan
4.      Siswa dapat mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan
5.      Siswa dapat menuliskan reaksi yang terjadi pada masing- masing larutan garam
6.      Siswa dapat menentukan tetapan hidrolisis (Kh) larutan yang terhidrolisis melalui perhitungan.
7.      Siswa dapat menentukan pH larutan garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
8.      Siswa dapat menentukan hal yang berkaitan dengan garam hidrolisis dari pH garam yang sudah diketahui




Tidak ada komentar:

Posting Komentar