Kompetensi Inti 1
:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang adanya
keteraturan tersebut sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
Indikator
:
1. Siswa mampu menyadari adanya
keteraturan hidrolisis garam didalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud
kebesaran Tuhan YME.
2. Siswa dapat memahami pentingnya
hidrolisis garam yang digunakan dalam berbagai bidang sebagai wujud kebesaran
Tuhan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.
Kompetensi Inti 2 :
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi
Dasar :
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur,
objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
Indikator
:
1. Siswa
dapat menunjukan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana dalam
memecahkan masalah hidrolisis garam pada kehidupan sehari- hari.
2. Siswa
dapat berfikir kreatif dan inovatif dalam mengaplikasikan sifat hidrolisis
garam agar perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju dan dapat digunakan dalam
mendukung kemajuan bidang ilmu lainnya.
Kompetensi Inti 3 :
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetensi Dasar :
3.12 Menganalisis garam-garam
yang mengalami hidrolisis.
Indikator :
1.
Siswa mampu menjelaskan dan
menyebutkan reaksi kimia garam- garam yang terhidrolisis.
2.
Siswa mampu menganalisis rumus kimia
garam- garam
3.
Siswa mampu memprediksi sifat dari garam- garam
4.
Siswa dapat menentukan tetapan
hidrolisis (Kh) larutan garam yang
terhidrolisis melalui
5.
Siswa dapat menentukan pH larutan
garam yang terhidrolisis melalui perhitungan.
6.
Siswa dapat menentukan hal yang
berkaitan dengan garam hidrolisis dari pH garam yang sudah diketahui
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi dasar :
4.12
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis
Indikator
:
1.
Siswa mampu merancang percobaan untuk
menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis
2.
Siswa mampu melakukan percobaan
identifikasi garam
3.
Siswa dapat mengamati dan mencatat hasil
percobaan
4.
Siswa dapat mengolah dan menganalisis
data hasil pengamatan
5.
Siswa dapat menuliskan reaksi yang
terjadi pada masing- masing larutan garam
6.
Siswa dapat menentukan tetapan
hidrolisis (Kh) larutan yang terhidrolisis melalui perhitungan.
7.
Siswa dapat menentukan pH larutan
garam yang terhidrolisis melalui perhitungan
8.
Siswa dapat menentukan hal yang
berkaitan dengan garam hidrolisis dari pH garam yang sudah diketahui
Tidak ada komentar:
Posting Komentar